Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Abdul Somad Tak Akan Minta Maaf Atas Ceramahnya Tentang Salib

Kamis, 22 Agustus 2019 | 01:57 WIB Last Updated 2019-10-26T01:16:40Z
Jakarta - Penceramah Abdul Somad menyatakan tak akan menyampaikan permintaan maaf atas kegaduhan dari ceramahnya yang menyinggung sejumlah umat Nasrani. Saat ditanya kemungkinan itu, dia justru menjelaskan bahwa ceramahnya sesuai dengan ajaran Islam.

"Saya menjelaskan tentang aqidah agamah saya, dengan komunitas umat islam, di dalam rumah ibadah saya, bahwa kemudian ada orang yang tersinggung dengan penjelasan saya, apakah saya musti meminta maaf?," ujarnya menjawab pertanyaan wartawan saat berkunjung ke Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI), Menteng, Jakarta Pusat pada Rabu, 21 Agustus 2019.

Dia pun mengutip pernyataan dalam Al-Qur'an yang artinya, "Sesungguhnya, maaf, memang bunyi ayatnya begitu, Sesungguhnya kafirlah orang yang mengatakan Allah itu tiga dalam satu, satu dalam tiga."

Abdul Somad menegaskan kembali bahwa penjelasan itu disampaikan kepada internal umat Islam. Namun dia tidak menyangkal bahwa penjelasan tersebut bakal menyinggung umat agama lain jika ikut mendengarkan. "Apakah perlu saya minta maaf? Ajaran saya itu," ujar ia.

Somad sebelumnya sudah pernah melakukan klarifikasi terkait ceramahnya tersebut. Dia menyatakan bahwa ceramah tersebut terjadi tiga tahun lalu dan konteksnya adalah dia menjawab pertanyaan jamaah pengajian tersebut. Ceramah itu sendiri dilakukan di Masjid At-Taqwa, Desa Simpang Kelayang, Riau.

Meskipun sudah melakukan klarifikasi, Komunitas Horas Bangso Batak melaporkan Somad ke Polda Metro Jaya karena menilai ceramah tersebut merupakan bentuk penistaan agama mereka. Selain itu, Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (PP GMKI) juga telah membuat laporan sejenis ke Badan Reserse Kriminal Markas Besar Polri.

Sumber:Tempo.co
×
Berita Terbaru Update