Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Jadwal Sidang Tidak Jelas Merupakan Bentuk Pencorengan Hukum Yang Telah Dilakukan PN Batam

Selasa, 03 September 2019 | 07:44 WIB Last Updated 2019-10-26T01:16:59Z
Elitnews.com, Batam - Pengadilan merupakan satu-satunya lembaga bagi masyarakat untuk mencari kepastian hukum. Namun hal tersebut tidak dirasakan oleh masyarakat saat berada di Pengadilan Negeri Kota Batam, Selasa (02/09/2019).

Salah satu pengacara dari anggota Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin) Eduard Kamaleng mengatakan Pengadilan merupakan tempat masyarakat baik perseorangan maupun kelompok untuk mencari keadilan dan kepastian hukum.

"Tetapi keadilan dan kepastian hukum tidak dapat dirasakan oleh masyarakat. Hal tersebut dapat terlihat jelas terkait masalah waktu sidang tidak sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan Pengadilan Negeri Kota Batam sendiri," ucap Eduard.

Menurut Eduard kepastian waktu dan jam persidangan merupakan hal yang penting diterapkan di pengadilan tingkat pertama khususnya di batam, supaya setiap masyarakat yang datang untuk menjalani proses persidangan dspat memanfaat waktu dengan baik.

"Masyarakat tidak lagi menunggu sampai satu harian di pengadilan dengan waktu sidang yang tidak ada kepastian," tegas Eduard.

Eduard menambahkan dengan jadwal sidang di Pengadilan Negeri Kota Batam yang tidak ada kepastian akan sangat merugikan masyarakat.

"Banyak pekerjaan masyarakat terbengkalai karena menunggu jadwal sidang yang tidak pasti," tambah Eduard.

Eduard menegaskan jadwal persidangan yang tidak jelas merupakan bentuk pencorengan terhadap hukum itu sendiri. Sementara Pengadilan Negeri Kota Batam merupakan tempat tegaknya hukum serta aturan yang berlaku di Indonesia khususnya Kota Batam. (Joni Pandiangan)
×
Berita Terbaru Update