Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Bakamla Amankan Arang Ilegal Milik Ahui

Sabtu, 28 Desember 2019 | 11:21 WIB Last Updated 2019-12-28T04:21:27Z

Elitnews.com, Batam - Arang ilegal milik Ahui senilai dua puluh empat miliyar rupiah diamankan oleh Bakamla di perairan Batuampar, Rabu (25/12/2019).

Sekretaris Utama (Sestama) Bakamla RI Laksamana Muda S Irawan mengatakan bahwa satgasus trisula Bakamla RI telah menangkap satu Kapal Tug Boat- SM XVII beserta Tongkang  Best Link-1818 yang sedang mengangkut container dari Batam ke Singapura.

"Diketahui ternyata tongkang tersebut berisikan tiga unit kontainer yang di dalamnya terdapat arang bakau," kata Irawan.

Irawan menambahkan usai pemeriksaan ternyata arang bakau tersebut tidak memiliki dokumen yang sah. "Parahnya lagi dokumen yang dimiliki ternyata dokumen palsu," tambah Irawan.

Irawan menyebutkan bahwa arang ilegal tersebut dilakukan oleh PT. Anugerah Makmur Persada dengan eskportir Ahui di Dapur 6 Sembulang pulau Galang.

Irawan menerangkan bahwa modus operandi yang dilakukan Ahui melalui PT. Anugerah Makmur Persada adalah: memanipulasi atau memalsukan dokumen seperti jenis dan nama barang eksport.

"Selain itu Ahui selalu mengecilkan nilai barang  dalam Invoice, yaitu dengan merubah harga barang yang di ekspor. Kalau nilai barang Ekspor dikecilkan, maka seolah-olah keuntungan Ekspor pun menjadi kecil," ucap Irawan saat konferensi Pers, Jumat (27/12/2019).

Irawan melanjutkan bahwa Ahui selalu menggunakan tangan masyarakat dalam melakukan pembalakan Hutan Bakau di Kawasan Hutan Lindung maupun Kawasan Hutan Lainnya di Batam, pulau Meranti, Tanjung Pinang, Pulau Moro, Selat Panjang dan Pulau-pulau lain di wilayah Kepulauan Riau.

Irawan menegaskan bahwa atas perbuatan tersebut maka exportir melanggar pasal 108 Undang-undang No. 7 tahun 2014 tentang Perdagangan (Pemalsuan Dokumen) dan pasal 112 Undang-undang No. 7 tahun 2014 tentang Perdagangan tentang larangan Ekspor. (JP)
×
Berita Terbaru Update