Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Punguan Pakpahan Hutanamora Medan Peduli Pendidikan di Bona Pasogit

Senin, 02 Desember 2019 | 14:39 WIB Last Updated 2019-12-02T07:39:46Z
Medan, elitnews.com - Punguan (perkumpulan) marga Pakpahan Hutanamora, boru, bere, ibebere Kota Medan akan merayakan natal bersama besok, Minggu (1/12) di hotel Danau Toba yang dirangkaikan dengan pelantikan Badan Pengurus Harian periode 2019-2023.

Perayaan natal ini akan dihadiri 300 kepala keluarga atau sekitar 1000 orang yang juga akan dihadiri Plt Wali Kota Medan Ir Akhyar Nasution dan Ketua DPRD Hasyim SE. Ketua Umum BPH Punguan Pakpahan Hutanamora Medan Ir Egbert SH Pakpahan kepada wartawan mengatakan, pengurus baru nanti akan melakukan terobosan baru berupa kegiatan sosial dan pendidikan.

Perkumpulan ini akan memperhatikan pendidikan para tunas muda Pakpahan di Medan maupun di dua bona pasogit (kampung halaman) yakni di Kecamatan Pangaribuan, Taput dan Kecamatan Onan Rungu, Samosir. Bea siswa akan diberikan kepada anak yang kurang mampu serta siswa berprestasi.

"Itulah keperdulian kami untuk marsipature hutana be (membangun kampung halaman) lewat pendidikan dan sosial. Selain itu kami akan syukuran 50 tahun tugu Op Datu Ronggur Diaji di Pangaribuan dan syukuran renovasi tugu Pakpahan Hutanamora se-dunia Desa Sosor Pasir, Onan Rungu Samosir," kata Egbert pada rapat terakhir panitia natal, Jumat (29/11) di Hotel Danau Toba, Medan.
Menurut dia, kepengurusan baru ini membuat terobosan baru di bidang pendidikan tersebut, karena pendidikan itu dianggap sangat penting. Generasi muda Pakpahan harus cerdas, karena merekalah penerus bangsa dan penerus perkumpulan Pakpahan ini agar semakin terjaga dan adat, budaya dan bahasa Batak tetap lestari.

"Dengan marsipature huta na be, kita bisa mengenal leebih dekat kampung halaman dan memang sudah menjadi keharusan melihat dari mana asal-usul leluhur kita. Ini harus kita tanamkan kepada generasi muda agar ke depan mereka bisa merawatnya, untuk itu pendidikan mereka harus kita perhatikan," tuturnya.

Turut hadir dalam rapat tersebut, ketua panitia natal St Bernard Pakpahan, Sekretaris Umum BPH Efendi Pakpahan SE MM/br Panjaitan, bendahara umum Drs Godfried Effendi Lubis MM/br Pakpahan dan pengurus lainnya.

Bernard Pakpahan berharap, keturunan Pakpahan Hutanamora se-Kota Medan dapat meramaikan perayaan natal ini, karena momen inilah untuk menjalin keakraban lintas sektor perkumpulan sehingga persaudaraan makin erat. Sebagai orang Batak yang cinta budaya, mereka akan membawa ulos karena pada acara pelantikan mereka juga manortor tiap-tiap sektor. (M10/d)
Sumber, hariansib.com
×
Berita Terbaru Update