Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Bupati HM Harris Pimpin Penyemprotan Disinfektan Massal Kabupaten Pelalawan

Selasa, 31 Maret 2020 | 17:09 WIB Last Updated 2020-04-01T10:09:50Z



PELALAWAN, ELITNEWS.COM - Bupati Pelalawan HM Harris selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pelalawan memimpin Apel Bersama dalam rangka penyemprotan massal disinfektan pencegahan Covid-19 di wilayah hukum Polres Pelalawan di Mapolres Pelalawan pada Selasa (31/03/2020).

Apel dihadiri Forkopimda, Kapolres dan jajaran, serta , Ketua DPRD Adi Sukemi ST MM, Kajari Pelalawan Nophy T Suoth, SH MH, Ketua PN Pelalawan Bambang Setyawan, SH MH, Pabung Kodim 0313/KPR Mayor Inf Salmon Tarigan, Perwakilan OPD Terkait, TNI, Ormas, Organisasi Kepemudaan, Paguyuban, FKUB, juga dari perusahaan.

Usai apel, Bupati HM Harris melepaskan konvoi penyemprotan disinfektan secara massal atau gotong royong. Kegiatan penyemprotan disinfektan yang dimulai pada pukul 09.00 Wib tersebut, juga dilaksanakan di 12 Kecamatan diwilayah hukum Kabupaten Pelalawan secara serentak. Adapun titik-titik yang dilakukan penyemprotan yaitu, Jalan lintas, jalan protokol, jalan-jalan utama, tempat - tempat ibadah dan pemukiman warga.

Bupati Pelalawan HM Harris mengatakan bahwa penyemprotan yang dilakukan secara massal ini merupakan sebagai upaya dalam memutus atau mencegah penyebaran virus Corona COVID-19 di Kabupaten Pelalawan. Penyemprotan juga merupakan sosialisasi kepada masyarakat agar selalu menjaga kesehatan serta mencegah penyebaran COVID 19.

"Penyemprotan disinfektan ini juga dilakukan di 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Pelalawan hari ini secara serentak. Sekaligus sosialisasi kepada masyarakat agar selalu menjaga kesehatan serta mencegah penyebaran COVID 19," kata HM Harris.

Dikatakan Bupati HM Harris bahwa penyemprotan disinfektan massal menggunakan beberapa kendaraan bermotor untuk aksi cepat memutus dan mencegah penyebaran COVID 19 yang terjadi. Namun pencegahan jarak antar sesama dan selalu jaga kesehatan akan jauh lebih efektif.

Bupati HM Harris menjelaskan
penyemprotan disinfektan massal dilaksanakan merupakan himbauan Polda Riau melalui Polres Pelalawan bekerjasama dengan seluruh unsur masyarakat yang ada untuk melakukan penyemprotan disinfektan.

"Kita melaksanakan penyemprotan disinfektan massal dilaksanakan merupakan himbauan Polda Riau melalui Polres Pelalawan. Bersih Sehat Polda Riau melakukan penyemprotan disnfektan massal wilayah hukum kabupaten Pelalawan. Selanjutnya Gugus Tugas Kabupaten Pelalawan akan mengusahakan agar kegiatan penyemprotan disinfektan ini terus berlanjut. Kegiatan hari ini atas anjuran Polda Riau. Dilaksanakan secara serentak di seluruh Riau sampai kepelosok desa-desa," jelas Harris.

Bupati HM Harris menekankan, melalui instansi terkait kita terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk mematuhi dan mengikuti anjuran pemerintah. Seperti mengurangi kegiatan diluar rumah kalau memang tidak mendesak, tidak melakukan kegiatan yang sifatnya mengumpulkan orang banyak, dan hal-hal lainnya sesuai anjuran pemerintah.

"Kita juga minta kepada masyarakat, kalau ada keluarga kita yang baru datang dari luar daerah, tolong diantarkan ke pihak kesehatan seperti Puskesmas, klinik ataupun rumah sakit, agar dilakukan pemeriksaan kesehatannya," tegas Harris.

Kapolres Pelalawan AKBP M. Hasyim Risahondua, SIK, MSi mengatakan, untuk kegiatan penyemprotan disinfektan secara massal ini melibatkan sekitar 300 personil gabungan yang melibatkan unsur TNI/Polri, BPBD, Diskes, Ormas, Paguyuban, dan juga pihak perusahaan. Itu diluar personil yang di kecamatan.

Disinggung segala peralatan dan cairan disinfektannya didapat dari mana, Kapolres menjelaskan, bahwa untuk segala peralatan dan cairan disinfektan yang dipergunakan untuk penyemprotan massal hari ini itu berasal dari swadaya.

"Semua peralatan yang kita pergunakan untuk penyemprotan massal hari ini itu berasal dari sumber daya yang ada. Ini swadaya, karena masyarakat Pelalawan dengan segenap kemampuan yang ada sama mereka, ingin melawan dan mencegah agar virus Corona COVID 19 ini tidak menyebar di Pelalawan," kata Kapolres .

Terlihat mobil tank dalam konvoi serta mobil damkar juga dilibatkan dalam penyemprotan massal. Alat alat semprot disinfektan bergerak diseluruh wilayah hukum Pelalawan dan juga memasang ruang ruang penyemprotan. (EP)
×
Berita Terbaru Update