Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Plt Gubernur Kepri Ajak Warga Jalani Pola Hidup Sehat

Sabtu, 07 Maret 2020 | 22:02 WIB Last Updated 2020-05-11T15:02:25Z
KEPRI – Plt. Gubernur Kepri H. Isdianto mengajak masyarakat Kepri untuk menjalani dan menjaga pola hidup sehat. Pola ini harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan pola ini, imun tubuh dapat bekerja dengan optimal sehingga bisa menangkal serangan virus dan bakteri dari luar.
“Semakin banyak masyarakat yang menjalani hidup sehat, semakin baik persoalan kesehatan masyarakat itu. Karena itu, pola hidup sehat ini harus kita kampanyekan dan kita jalani,” kata Isdianto, sesaat sebelum meninggalkan Jogjakarta, Jumat (6/3) siang.
Isdianto mengatakan pola hidup sehat paling tidak akan menghindarkan seseorang dari penyakit. Bisa dengan pola makanannya, olah raganya, lingkungannya dan air bersih. Tenaga kesehatan pun diajak Isdianto untuk mengajak dan mengingatkan masyarakat agar menjalani pola hidup sehat ini.
Kepri sendiri, secara catatan kesehatan nasional selalu dalam posisi terbaik. Untuk peringkat Indeks Keluarga Sehat Nasional, misalnya, Kepri berada di peringkat empat.
Dalam rangking yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan pada Januari 2020 ini, Kepri berada di bawah Jakarta, Bali dan Yogyakarta. Demikian juga dengan Indeks Pembangunan Manusia, Kepri juga berada di peringkat empat. Unsur-unsur kesehatan menjadi faktor penting dalam mengukur indeks ini.
Menurut Isdianto, pihaknya sangat peduli dengan meningkatan kesehatan masyarakat. Bahkan, sampai saat ini, Program Dokter Keluarga masih terus dilaksanakan. Para dokter ini tersebar hampir di seluruh daerah di Kepri.
Program ini, berorientasi pada pencegahan dan penyuluhan dengan sasaran intervensi pada individu dan keluarga sehat. Mereka juga melakukan pelayanan dengan mendatangi keluarga, sehingga pasien tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi.
“Tujuannya adalah yang sehat agar tetap sehat,” kata Isdianto.
Selain menjaga pola hidup sehat, Isdianto pun berpesan agar terus menjaga kebersihan. Paling tidak ini sebagai upaya mengantisipasi mudahnya tersebar virus apapun.
Bahkan kini, Kementerian Kesehatan pun semakin gencar mengkampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Kampanye itu, misalnya dalam upaya meminimalisir sebaran virus corona yang mulai tiba di Indonesia.
Kampanye itu antara lain dengan makan makanan bergizi seimbang, rajin berolah raga dan istirahat cukup. Menjaga kebersihan lingkungan. Mencuci tangan dan banyak lagi.(red/hms)
×
Berita Terbaru Update