Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Antisipasi Kemungkinan Buruk PSBB COVID-19 Polres Simulasi "Tactical Floor Game" Sispamkota

Jumat, 17 April 2020 | 16:22 WIB Last Updated 2020-04-17T09:22:06Z



PELALAWAN, ELITNEWS.COM - Dalam upaya mengatasi tindak kejahatan penjarahan yang mungkin terjadi di Kabupaten Pelalawan dampak penerapan PSBB di tengah mewabahnya virus corona (COVID -19) saat ini. Polres Pelalawan mengelar simulasi "Tactical Floor Game" Sispamkota Ops Aman Nusa II di wilayah hukum Polres Pelalawan, Jum'at (17/04/2020) sekira pukul 09.00 wib, di Aula Teluk Meranti Mapolres Pelalawan.


Dalam simulasi tersebut dipraktekkan langkah-langkah pengamanan yang akan diambil oleh Polres Pelalawan dan jajaran jika terjadi tindak kriminal penjarahan yang dilakukan oleh masyarakat ataupun oknum-oknum tertentu.

Hadir pada acara simulasi tersebut, Bupati Pelalawan HM Harris, Pabung Kodim 0313/KPR Mayor Salmon Tarigan, Kajari Pelalawan Nophy Tennophero Suoth, SH, MH, Ketua Pengadilan Negeri Pelalawan Bambang Setyawan, SH, MH, Sekdakab Pelalawan T Muhklis, seluruh PJU Polres Pelalawan, para Kasat dan para Kapolsek.

Kapolres Pelalawan AKBP M Hasyim Risahondua, SIk, MSi, usai acara simulasi tersebut mengatakan, bahwa simulasi ini adalah sebagai bentuk kesiapsiagaan Polres Pelalawan dalam mengamankan sistem pengamanan kota (sispamkota).

"Ini sebagai bentuk pelaksanaan operasi Aman Nusa II yang dilaksanakan serentak diseluruh Indonesia. Tentu Polres Pelalawan mengambil langkah-langkah ini sebagai antisipasi kemungkinan buruk terhadap hal-hal yang tidak diinginkan," terang Kapolres.

Kita berharap, lanjut Kapolres, dengan kegiatan ini seluruh personil kita, sarana prasarana semua siap dalam menghadapi jikalau kedepannya ada hal-hal yang terjadi tindakan-tindakan anarkis.

Saat disinggung jika terjadi tindakan anarkis atau penjarahan yang dilakukan oleh masyarakat ditengah kondisi wabah virus Corona saat ini, apakah penanganan dan sanksinya sama dengan tindak kriminal pada umumnya, Kapolres menjawab, "Pastinya kita akan proses sesuai dengan hukum yang berlaku, sesuai tindak pidana apa yang dilakukannya," tutup Kapolres.

Bupati Pelalawan HM Harris ketika dimintai tanggapannya seputar simulasi tersebut mengatakan, kita sangat berterima kasih terhadap Polres Pelalawan. Dimana sebelum hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi, Polres Pelalawan sudah siap dan berusaha mengantisipasi kedepannya.

"Walaupun situasi dan kondisi di daerah kita ini masih aman dan kondusif, tapi ini perlu diapresiasi. Apalagi langkah-langkah pengamanan yang dilakukan Polres Pelalawan ini juga dilaksanakan sampai ke Polsek-Polsek jajaran yang ada di Kabupaten Pelalawan," kata Harris.

Bupati menambahkan, sampai saat ini Pemerintah Daerah Kabupaten Pelalawan dan instansi terkait lainnya juga terus melakukan sosialisasi-sosialisasi kepada masyarakat bagaimana untuk bersama-sama menjaga keamanan dan situasi agar tetap kondusif akibat dampak dari wabah virus corona ini, sekaligus juga mengimbau kepada masyarakat agar selalu mengikuti anjuran pemerintah dan menjalankan protokol kesehatan dalam upaya memutus penyebaran COVID-19 ini.

"Kondisi masyarakat kita sekarang akibat dampak wabah virus corona ini akan tetap menjadi perhatian. Makanya saat ini kita terus berupaya memberikan bantuan-bantuan sembako baik melalui perusahaan-perusahaan, dari organisasi masyarakat maupun partai politik, semua sepakat untuk bahu-membahu memberikan bantuan kepada masyarakat sesuai kemampuan masing-masing," pungkas Harris.

Sementara itu data pasien COVID -19 Kabupaten Pelalawan, Jumat 17 April 2020.Tercatat 1076 kasus terdiri dari

1052 Orang dalam pemantauan (ODP) yaitu dari 703 dalam pemantauan isolasi mandiri dan 349 selesai pemantauan . 20 Pasien dalam pengawasan (PDP) terdiri 11 masih dirawat dan 8 sudah pulang sehat dan 1 meninggal dunia . 4 pasien positif di rawat di RS Arifin Ahmad Pekanbaru 2 masih dirawat dan 2 dinyatakan sembuh.

Sebaran Kasus COVID -19 Kabupaten Pelalawan .

1. Pangkalan Kerinci ODP 3428, PDP dirawat 11, PDP meninggal 1 pasien dan Dari 4 Positif terkonfirmasi COVID -19 dinyatakan 2 Positif sembuh.

2. Bandar Seikijang ODP 32.

3. Langgam ODP 20 PDP 1.

4. Pangkalan Kuras ODP 76 PDP 2.

5. Ukui ODP 116 PDP 1.

6. Bunut ODP 27.

7. Pelalawan ODP 29 PDP 2.

8. Teluk Meranti ODP 31 PDP 1

9. Kuala Kampar ODP 192.

10. Bandar Petalangan ODP 40 PDP 1.

11. Kerumutan ODP 65.

12. Pangkalan Lesung ODP 82. ( EP)
×
Berita Terbaru Update