Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Kadiskes: Mumpung Dirumah Cegah COVID -19 Sekaligus DBD

Sabtu, 11 April 2020 | 15:09 WIB Last Updated 2020-04-11T08:09:23Z



PELALAWAN, ELITNEWS.COM - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pelalawan Asril SKM MKes mengajak warga melakukan pencegahan COVID - 19 dan DBD. "Karena musim pancaroba rentan dengan DBD. Mumpung kita ini sekarang banyak waktu dirumah untuk pencegahan penyebaran COVID-19. Tetap kita terapkan displin hidup sehat. Membersihkan lingkungan sekaligus mencegah demam berdarah DBD. Lakukan kegiatan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan cara 3M plus," ungkap Asril mengajak seluruh warga agar tetap hidup sehat pada Kamis (09/04/2020).

Dikatakan Kadiskes, Saat ini masyarakat banyak waktu dirumah untuk cegah penyebaran COVID -19. Ini juga hampir sama pencegahan demam berdarah dengue ( DBD). Musim panca roba ini juga kita mamfaatkan pemberantasan sarang nyamuk. Dengan 3 M Plus jauh lebih baik dari pada melakukan fogging.

Menurut Asril, pencegahan DBD itu bukan melalui fogging, tetapi bagaimana kita menjaga kebersihan dan menghilangkan jentik nyamuk. Fogging ini kan memakai insektisida, sehingga kita khawatir ada resistensi. Lebih baik 3 M plus.

Dijelaskan Kadiskes Pencegahan DBD yang paling efektif dan efisien sampai saat ini adalah kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3M Plus. Singkatan dari 3M, antara lain:

1) Menguras/membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain

2) Menutup rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya; dan

3) Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD.

Plusnya adalah segala bentuk kegiatan pencegahan seperti

1) Menaburkan bubuk larvasida (lebih dikenal dengan abate) pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan; 2) Menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk;

3) Menggunakan kelambu saat tidur;

4) Memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk;

5) Menanam tanaman pengusir nyamuk, 6) Mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah;

7) Menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk, dan lain-lain. (EP)
×
Berita Terbaru Update