Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Zona Merah Transmisi Lokal COVID-19 Pelalawan Siap Terapkan PSBB Kajian Propinsi

Jumat, 24 April 2020 | 18:25 WIB Last Updated 2020-04-24T11:25:44Z



PELALAWAN, ELITNEWS.COM - Kabupaten Pelalawan siap saja menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) jika kajian Propinsi Riau memutuskan atau membuat SK. Penerapan PSBB di Kabupaten Pelalawan dikarenakan saat ini tidak berlaku lagi kajian daerah namun kini yang berlaku adalah kajian dari Provinsi.

"Kita siap saja klo di pergubkan Gubernur. Kan tadi dikatakan kalau sekarang tidak lagi memakai kajian dari daerah, tapi sekarang sudah menjadi keputusan Provinsi. Kita minta pak Gubernur Riau yang memberi putusan, kita siap laksanakan," kata Bupati Pelalawan, HM Harris, pada awak media usai mengikuti Video Conference dengan Gubernur terkait penanganan Covid-19 di Kantor Bupati Pelalawan, Kamis (23/4/2020).

Bupati menjelaskan Pelalawan ditetapkan daerah terjangkit zona merah transmisi lokal bersama Kampar, Siak , Dumai setelah sebelumnya Pekanbaru sebagai zona merah. Bahwa Pelalawan jika soal PSBB sudah mendapat kajian dari Provinsi maka pihaknya akan mengikuti saja. Pasalnya, jika sudah menjadi kajian dari Provinsi maka Pergub-nya itu yang akan ditunggu oleh Pemkab Pelalawan. Saat ini, Pemkab Pelalawan akan mensosialisasikan terkait akan diberlakukannya penerapan PSBB ini pada masyarakat.

Penerapan PSBB, pada prinsipnya pelaksanaan sudah di laksanakan Pelalawan sebagai himbauan himbauan dan sosialisasi dan penerapan pencegahan terus dilakukan hingga tingkat RT dan Desa.

Terkait pendataan dikabupaten Pelalawan terus dievaluasi dan validasi. Datanya pada intinya juga siap.

Disinggung soal kendala dari Pelalawan sendiri jika penerapan PSBB ini diberlakukan, Harris mengakui bahwa kendalanya adalah soal kondisi real masyarakat. Artinya, selama ini pihaknya sudah melakukan kajian dan jika mengajukan PSBB kemudian terjadi sesuatu maka itu akan menjadi tanggung jawab sendiri.

"Tapi kalau Provinsi yang menetapkan dan kajian juga berasal dari Provinsi, saya yakin itu lebih matang. Termasuk menanggulangi resiko sosialnya, resiko ekonominya dan segala macam," tandasnya.

Sementara untuk soal anggaran sendiri, Harris menyatakan kesiapannya untuk penganggaran tiga bulan ke depan. Namun jika lebih dari itu, ia menegaskan bahwa bukan Pemkab Pelalawan yang menyatakan PSBB tapi Provinsi, jadi setidaknya andai itu lebih dari 3 bulan tidak dibebankan ke daerah saja tapi sekurang-kurangnya Provinsi bisa membantu.  (EP)
×
Berita Terbaru Update