Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

BPTP Kepri Lakukan Kerjasama Pengembangan Teknologi Budidaya Mangga Varietas Baru di Provinsi Kepulauan Riau*

Rabu, 13 Mei 2020 | 19:08 WIB Last Updated 2020-05-19T13:00:31Z
Kepri - Palitbang hortikultura bersama BPTP kepri dan pemerintah daerah Provinsi Kepulauan Riau melakukan kerjasama penanaman buah mangga varietas baru. Kerjasama ini dilakukan dengan pembuatan demplot penanaman buah mangga di Balai Benih Induk (BBI). Varietas mangga yang dikembangkan adalah agri gardina 45, yang sering disebut juga mangga pisang. Varietas ini hasil  persilangan mangga arum manis 143 dengan Saigon, menghasilkan manga yang manis dan harum serta memiliki warna merah yang menarik.


Kepala BPTP Kepri Dr. Ir. Sugeng Widodo, MP., menjelaskan BPTP Kepri membuat demplot penanaman mangga agri gardina di lahan Balai Benih Induk Provinsi di Bintan. Pengembangan tanaman mangga ini menjadi program BPTP Kepri untuk mendukung peningkatan ekspor komoditas pertanian. Penanaman dilakukan pada 4 oktober 2018 dengan jumlah tanaman yang ditanam sebanyak 200 pokok di lahan seluas 2 ha dengan jarak tanam 6 x 6 meter.

Pengawas tanaman di BBI Lili mengatakan penanaman awal dengan menambahkan pupuk kandang 40 kg/lubang tanam, Pemberian pupuk NPK (16-16-16) dengan dosis 100 gram per pohon diberikan 1 kali setiap 3 bulan sekali dosis bertambah setelah tanaman berusia 1 tahun menjadi 200 gram perpohon setiap 3 bulan sekali. Selain itu dikarenakan kondisi lahan marjinal dan iklim yang cukup panas penyiraman tanaman dilakukan secara rutin setiap hari.

“Perlu dilakukan pemangkasan awal untuk pembentukan tajuk. Pemangkasan pemeliharaan diperlukan untuk membuang cabang kering/mati, tunas air dan cabang-cabang yang tumpang tindih, pemangkasan dengan prinsip (1 3 3) setiap cabang utama hanya memiliki 3 cabang sehingga pohon tidak terlalu lebat, serta dilakukan pemotongan cabang utama yang ke atas agar cahaya bisa masuk ke tajuk tanaman Tujuannya agar buah mangga terkena sinar matahari sehingga menghasilkan warna merah yang menarik, karena buah yang kurang terkena cahaya matahari akan berwarna kuning atau pucat,” ujar Lili.

Pertumbuhan tanaman menunjukkan hasil yang bagus walaupun ditanam di lahan marjinal. Tanaman mangga agri gardina yang ditanam di Balai Benih Induk telah mulai berbunga usia 1 tahun. Hal ini menunjukkan adaptasi tanaman yang sangat baik di Bintan karena buah ini umumnya berbuah pada umur 2 tahun ditanam di lapangan.

Sesuai dengan namanya yaitu mangga pisang, salah satu keunggulan buah ini adalah kulit yang bisa dikupas dengan tangan seperti pada buah pisang. Keunggulan lain yaitu ukuran tajuk yang kecil sehingga cocok ditanam di lahan yang sempit bahkan di pot. Mangga agri gardina memiliki warna merah yang menarik, citarasa manis dan aroma yang harum serta daging buah yang lembut.
×
Berita Terbaru Update