Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Bertambah 9 Pasien Positif COVID-19 Kabupaten Pelalawan 7 Pasien Kontak Erat MR

Selasa, 04 Agustus 2020 | 14:02 WIB Last Updated 2020-08-04T07:02:45Z
PELALAWAN, ELITNEWS.COM. - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pelalawan Asril SKM MKes membenarkan bertambahnya 9 Pasien positif COVID -19 Kabupaten Pelalawan pada Senin (03/08/2020).

"Hari ini ada penambahan pasien 9 orang positif COVID-19. Tujuh orang pasien merupakan kontak erat MR (46)," ungkap Asril yang juga juru bicara GTPP Pelalawan pada Senin (03/08/2020) sore.

Pasien MR (46) yang merupakan salah satu pejabat Kabupaten Pelalawan sudah isolasi mandiri di Kabupaten Pelalawan. MR (46) dengan keluhan demam, batuk, pilek, sakit tenggorokan, sesak nafas, sakit kepala, lemah, nyeri otot, mual serta muntah, nyeri pada abdomen, diare dan dilakukan pemeriksaan rapid test dengan hasil reaktif.

Selanjutnya MR (46) melakukan pemeriksaan swab pada tanggal 28 Juli 2020 dengan hasil dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19. Belum diketahui riwayat penularan dari MR (46) karena tidak memiliki riwayat perjalanan dan riwayat kontak erat dengan pasien terkonfirmasi COVID-19.

Menurut Keterangan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir pada Update COVID-19 Riau - Kabupaten Pelalawan Senin 03 Agustus 2020 ada 9 orang kasus terkonfirmasi COVID-19. yaitu :

1). Pasien B (31) yang merupakan warga Kabupaten Pelalawan dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru. B (31) merupakan kontak erat dari kasus Terkonfirmasi MR (46) yang merupakan warga Kabupaten Pelalawan.

2) Pasien . IS (2,5 tahun) berjenis kelamin perempuan yang merupakan warga Kabupaten Pelalawan dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru. IS (2,5 tahun) merupakan kontak erat dari kasus Terkonfirmasi MR (46) yang merupakan warga Kabupaten Pelalawan

3) Pasien J (53) perempuan yang merupakan warga Kabupaten Pelalawan dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru. J (53) merupakan kontak erat dari kasus Terkonfirmasi MR (46) yang merupakan warga Kabupaten Pelalawan.

4) Pasien MS (23) yang merupakan warga Kabupaten Pelalawan dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru. MS (23) merupakan kontak erat dari Kasus Terkonfirmasi MR (46) yang merupakan warga Kabupaten Pelalawan.

5) Pasien R (40) perempuan yang merupakan warga Kabupaten Pelalawan dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru. R (40) merupakan kontak erat dari kasus Terkonfirmasi MR (46) yang merupakan warga Kabupaten Pelalawan.

6) Pasien WNR (18) perempuan yang merupakan warga Kabupaten Pelalawan dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru. WNR (18) merupakan kontak erat dari kasus Terkonfirmasi MR (46) yang merupakan warga Kabupaten Pelalawan.

7) Pasien ZH (30) yang merupakan warga Kabupaten Pelalawan dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru. ZH (30) merupakan kontak erat dari kasus Terkonfirmasi MR (46) yang merupakan warga Kabupaten Pelalawan.

8) Pasien J (50) perempuan yang merupakan warga Kabupaten Pelalawan dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kabupaten Pelalawan. J (50) melakukan pemeriksaan Swab di Kabupaten Pelalawan pada tanggal 30 Juli 2020 dengan hasil dinyatakan Terkonfirmasi COVID-19.

9) Pasien . BJD (30) yang merupakan warga Kabupaten Pelalawan dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru. BJD (30) Memiliki riwayat perjalanan dari Kota Jakarta dan Provinsi Sumatera Utara. BJD (30) melakukan pemeriksaan Swab di Kota Pekanbaru pada tanggal 03 Agustus 2020 dengan hasil dinyatakan Terkonfirmasi COVID-19.

Dengan penambahan 9 pasien terkonfirmasi COVID-19, menjadi 16 pasien positif COVID-19. Adapun 7 pasien sebelumnya yang masih perawatan yaitu yaitu MR (46) Pangkalan Kerinci Kota, HOT (17) Pangkalan Kerinci Timur, CE 34 Pangkalan Kerinci Kota, BB 41 Pangkalan Kerinci Timur Pangkalan Kerinci Timur, ECT 18 Pangkalan Kerinci Timur, IAT 7 Pangkalan Kerinci Timur dan HRT 43 Pangkalan Kerinci Timur.

Dalam pesannya Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir . "Meskipun PSBB sudah berakhir dan pemerintah menerapkan new normal (adaptasi kebiasaan baru) menuju masyarakat yang produktif dan aman dengan tujuan mempercepat penanganan COVID-19 dalam aspek kesehatan dan sosial ekonomi, masyarakat dihimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan :

a. Pakai masker bila keluar rumah dan di tempat kerja.

b. Selalu Menjaga jarak (Physical Distancing).

c. Sering mencuci tangan pakai sabun.

6. Terakhir, kami mengimbau kepada masyarakat untuk:

a. Tetap menjaga kewaspadaan Walaupun tidak sakit, belum tentu orang yang kita temui itu negatif covid-19 dan tidak menyebarkan virusnya. Maka pilihan yang terbaik adalah tetap di rumah dan hindari keramaian

c. Jaga pola hidup sehat

d. Makan buah dan sayuran

e. Berolahraga rutin dan istirahat yang cukup

f. Konsumsi vitamin yang cukup

g. Tidak menyebarkan informasi pribadi dari pasien seperti nama, alamat, dan keluarganya. Menjaga kerahasiaan data pasien.

h. Mari beri dukungan untuk pasien positif, PDP, ODP, dan tenaga medis. Jangan berstigma negative terhadap mereka.

i. Bila merasakan gejala, periksa diri ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat atau hubungi call center 0761-23810

j. Tetap berdoa, Insya Allah kita akan melewati semua ini," pesannya.

EP
×
Berita Terbaru Update