Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Enam Pejabat di Pelalawan Lanjutkan Vaksinasi COVID-19 Kedua

Kamis, 28 Januari 2021 | 18:37 WIB Last Updated 2021-01-28T11:37:29Z



PELALAWAN, ELITNEWS.COM - Enam pejabat di kabupaten Pelalawan melanjutkan penyuntikan vaksinasi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dosis kedua. Vaksinasi  digelar di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Berseri Pangkalan Kerinci kepada enam pejabat di Kabupaten Pelalawan, Kamis (28/01/2021).



Enam pejabat penerima vaksin dosis kedua ini berasal dari instansi vertikal yakni unsur Forkopimda dan perwakilan pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pelalawan.


Diantaranya Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Nophy Tennophero Suoth SH MH, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Bambang Setyawan SH MH, Kepala Polres AKBP Indra Wijatmiko SIK, Wakil Ketua l Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Syafrizal SE, Kepala Dinas Kesehatan Asril M.Kes, dan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Selasih Pangkalan Kerinci dr Chairul Hamdi.


Proses vaksinasi dosis kedua ini berlangsung lebih cepat dibanding penyuntikan dosis pertama dua pekan lalu. Setelah menjalani skrining kesehatan di ruangan pertama, setiap pejabat diarahkan ke ruangan penyuntikan yang telah dijaga oleh vaksinator.


Satu persatu pejabat penting di Pelalawan itu disuntik vaksin Sinovac ke lengan sebelah kiri.


Lantaran sudah pengalaman pada penyuntikan pertama, para pejabat ini tidak lagi merasa canggung saat vaksinator menghujamkan jarum suntik berisi vaksin.


"Loh sudah siap ya. Kayaknya tidak terasa," ungkap Wakil Ketua DPRD Pelalawan, Syafrizal SE sambil bercanda kepada petugas vaksinator.


Ia menjadi orang pertama yang disuntik vaksin pada dosis pertama dua pekan lalu dan dosis kedua hari ini. Kemudian disusul Kepala PN Bambang Setyawan, Kajari Nophy Tennophero Suoth dan pejabat lainnya.


Mereka diminta untuk beristirahat selama 30 menit usai menerima vaksin untuk melihat reaksi yang timbul dalam tubuh.


Satu jam usai divaksin mereka pulang dan kembali beraktivitas.


Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Pelalawan, Asril M.Kes menyebutkan, penyuntikan vaksin dosis kedua ini berjarak 14 hari dari penyuntikan vaksin dosis pertama pada 14 Januari lalu di lokasi yang sama.


Setelah vaksinasi tuntas, masing-masing pejabat akan mendapatkan sertifikat vaksin yang dapat dibawa kemana saja, termasuk saat melakukan perjalanan.


"Bagi yang telah divaksin tidak perlu lagi melakukan swab ataupun rapid test saat bepergian kemanapun. Cukup dengan menunjukan sertifikat vaksin ini saja," beber Asril usai vaksinasi, Kamis (28/01/2021).


Asril menyatakan, proses vaksinasi dosis kedua akan dilanjutkan pada Jumat (29/01/2021) kepada Tenaga Kesehatan (Nakes) di seluruh Pelalawan yang telah menerima suntikan dosis pertama sebelumnya.


Proses vaksinasi diselenggarakan di 15 Fasilitas Kesehatan (Faskes) yakni 14 Puskesmas dan RSUD Selasih.


Hingga saat ini sudah 722 orang yang disuntik vaksin dosis pertama di Pelalawan dari target 900 orang.


Selanjutnya mereka akan menerima suntikan dosis kedua setelah 14 terhitung dari suntikan sebelumnya.


"Sampai saat ini vaksinasi masih berjalan lancar. Penyuntikan dosis pertama tetap berlangsung dan diikuti dengan dosis kedua ini," tandasnya. 


Enam pejabat yang menjalani vaksinasi COVID-19, merasa biasa dan menghimbau kepada seluruh masyarakat tidak perlu takut di vaksin. "Saya merasa biasa saja, dan saya himbau warga tidak perlu takut divaksin sesuai prosedurnya, Saya mengajak mencegah lebih baik. Vaksin untuk melindungi diri kita dari penyakit menular COVID-19, " ujar Kajari Nophy  Tennophero Suoth SH MH. Begitu juga hal yang sama di ucapkan pejabat lainnya yang di vaksin. EP

×
Berita Terbaru Update