Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Kamis 14 Januari 2021 Program Vaksinasi COVID-19 Perdana di Puskesmas Pangkalan Kerinci, 10 Pejabat Jalani Check Up Screening

Kamis, 14 Januari 2021 | 16:24 WIB Last Updated 2021-01-15T09:27:43Z


PELALAWAN, ELITNEWS.COM - Program Penyuntikan vaksinasi COVID-19 jenis Sinovac tahap perdana di Kabupaten Pelalawan  dijadwalkan besok Kamis 14 Januari 2021. Penyuntikan dilaksanakan di Puskesmas Berseri Pangkalan Kerinci Jl Jambu Pangkalan Kerinci Timur. Vaksinasi COVID-19 jenis sinovac suci, aman dan halal. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Pelalawan H Asril K Skm MKes, Rabu (13/01/2021).



Untuk persiapan penyuntikan vaksinasi COVID-19 jenis Sinovac dan contoh dukungan pejabat pimpinan daerah.  Sebanyak 10 orang perwakilan pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan OPD Kabupaten Pelalawan,  menjalani check up screening di RSUD Selasih Pangkalan Kerinci. Karena untuk penerima suktikan vaksin perlu check up screening sesuai petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknisnya ⁰adalah strategi yang digunakan untuk mencari kondisi atau penanda resiko yang belum dikenal didalam tubuh sebelum dilakukan penyuntikan vaksin COVID-19 jenis Sinovac . Dilakukan check up screening pada , Rabu (14/01/2021) di RSUD Selasih.


Rombongan Forkopimda dipimpin langsung Bupati Pelalawan HM Harris tiba di RSUD Selasih Pangkalan Kerinci sekira pukul 11.30 wib  dan langsung menuju ke ruang check up screening (Danau Tajwid 1) di lantai dasar poliklinik RSUD.


Setibanya diruangan check up screening, Kepala PN Pelalawan Bambang Setyawan,SH.MH dan  Mayor Salmon Tarigan mendapat jatah pertama untuk dilakukan pengecekan kesehatan. Lanjut Kapolres Pelalawan AKBP Indra Wijatmiko, SIK dan Kejari Pelalawan Nophy T Suoth, SH,MH.  Kemudian perwakilan Satpol PP Taswir Sikumbang, Direktur RSUD Selasih dr.Chairul Hamdi dan KTU Ramdani Kamal, Plt Kakan Kemenag H Hazmar.


Kadis Kesehatan H  Asril, K Skm MKes  yang juga juru bicara (jubir) Tim Satgas COVID–19 menyebutkan untuk penyuntikan tahap pertama akan dilakukan di Puskesmas Berseri Pangkalan Kerinci  yang sesuai keputusan Satgas COVID-19 Kabupaten Pelalawan yang pertama dilakukan vaksinasi adalah Forkopimda dan pejabat publik diantaranya Ketua PN Pelalawan, Kapolres Pelalawan , Kajari Pelalawan , Waka I DPRD, Pabung Kodim KPR, Kakan Kemenag, Kadis Kesehatan, Direktur RSUD, KTU RSUD dan perwakilan Satpol PP.


“10 nama sudah menyatakan bersedia dan memenuhi seluruh unsur kriteria untuk disuntik vaksin COVID-19 jenis sinovac  di check up screening. Besok Kamis 14 Januari 2021 akan mulai dilakukan penyuntikan vaksin COVID-19 jenis Sinovac  bertempat di Puskesmas Berseri Pangkalan Kerinci. Bagi yang belum check up screning nanti menyusul ,” ungkapnya.


Dikatakan Asril, proses screening sangat dibutuhkan untuk memenuhi faktor atau kriteria sebelum dilakukan penyuntikan vaksin sinovac.


” Ada 11 item pemeriksaan kesehatan yang harus dipenuhi sebelum disuntik. Pemeriksaan seperti gula, jantung, hipertensi dan lain – lain. Tentu yang tidak memenuhi faktor dan kriteria tidak akan dilakukan penyuntikan vaksin,” ucapnya.


Sebelumnya, untuk diketahui, bahwa Bupati Pelalawan HM Harris dan Wakil Bupati Pelalawan Drs H Zardewan MM tidak memenuhi kriteria umur karena sudah diatas 60 tahun sementara untuk di Indonesia prioritas umur yang divaksin yakni 18 – 59 tahun. Sementara Sekda Pelalawan H Tengku Mukhlis tidak memenuhi kriteria kesehatan. Dan bagi yang tidak memenuhi check up screening akan di tunda penyuntikan vaksin COVID-19. Berdoa semoga semua lancar dan sukses. EP

×
Berita Terbaru Update