Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Musrenbang Pelalawan Dimasa Transisi, HM Harris: Satu Presepsi Satu Pemikiran Bekerja Dengan Kebersamaan

Kamis, 11 Maret 2021 | 16:09 WIB Last Updated 2021-03-11T09:09:11Z

 

PELALAWAN, ELITNRWS.COM - Pemerintah Kabupaten Pelalawan melaksanakan Musyawarah Rencana Kerja Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Pelalawan Tahun 2021 Bertempat di Gedung Daerah Datuk Laksemana Mangkudiraja Pangkalan Kerinci. Rabu (10/03/2021), Musrenbang pada masa transisi kepemimpinan tahun 2021 yang di laksanakan sebagai dasar penyusunan rencana kerja pemerintah daerah kabupaten pelalawan tahun 2022. 


Kegiatan musrenbang mengambil tema Peningkatan Perekonomian Melalui Pengembangan Pusat Industri dan Pariwisata Menuju Pelalawan Maju. Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Pelalawan HM Harris dan Bupati Pelalawan Terpilih H.Zukri, menjadi sorotan karena Musrenbang dihadiri dua Bupati. Hadir jiga Wakil Bupati H.Zardewan, Wakil Bupati Pelalawan Terpilih H Nasarrudin, SH, MH, Mantan Bupati Pelalawan H Tengku Azmun Jaafar SH, Mantan Wakil Bupati Pelalawan H. Marwan Ibrahim, Ketua DPRD H.Baharudin,SH, MH, Forkompinda, Anggota DPRD Pelalawan, Tokoh Masyarakat, Pimpinan Perusahaan, dan Pimpinan OPD. Musrenbang juga di laksanakan secara virtual melalui zoom meeting dan tetap melaksanakan protokol kesehatan yang telah di tetapkan oleh tim gugus tugas COVID-19 Kabupaten Pelalawan. 

Bupati Pelalawan HM Harris dalam sambutannya mengatakan "Pemerintah Daerah yakni melalui pelaksanaan musrenbang bagaimana menyatukan persepsi satu pemikiran bekerja dengan kebersamaan dalam mewujudkan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan. Sebagaimana kita ketahui bahwa pesta demokrasi sudah selesai kita ciptakan situasi yang kondusif kedepan bagaimana pembangunan akan terus maju" ungkapnya.

"Selanjutnya, kepada Bupati dan Wakil Bupati Terpilih dengan musrenbang ini di harapkan melalui visi Pelalawan Maju sesuai dengan bahwa Kabupaten Pelalawan sudah di pandang oleh pemerintah pusat dan masuk dalam 50 besar Kabupaten yang memiliki peluang terbaik dalam investasi di Indonesia, Alasannya bagi Pemerintah Pusat memilih Pelalawan karena kondusifitas daerah yang terjaga ini point penting dalam mewujudkan visi dan misi kedepannya bagi Bupati dan Wakil Bupati terpilih” jelas Bupati HM Harris.

Bupati terpilih H Zukri Misran pada pidatonya menyampaikan 5 misi yaitu Maju SDM yang Agamis, Maju Ekonomi, Maju Insfrastruktur, Maju Wisata dan Budaya dan Maju Pemerintahan.

Pada kesempatan itu ia juga menyampaikan 7 arah kebijakan di tahun 2022, atau pada tahun tersebut merupakan tahun pertama merealisasikan APBD Pelalawan.

Ketujuh arah kebijakannya adalah pertama, peningkatan SDM yang berkualitas dan berdaya saing. Kedua peningkatan produksi dan produktivitas pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan. Ketiga, pengembangan industri kecil menengah melalui penguatan UMKM. Keempat pemantapan insfratruktur dan konektivitas wilayah.

Kelima, pembenahan dan penataan insfratruktur ibukota Pelalawan. Keenam, pengembangan destinasi wisata potensial dan terakhir ketujuh, layanan pemerintah berbasis, informasi teknologi dan terintegrasi.

Banyak hal yang ia sampaikan, terutama menyangkut janji-janji sewaktu kampanye lalu, mesti direalisasikan. Tahun ini, ia memprioritaskan banyak-banyak membuat DED dan pada tahun mendatang tinggal mengambil duit dan menjalankan.

Ia menyadari, dengan keterbatasan anggaran Pelalawan saat ini, tidak akan mampu menopang pembangunan Pelalawan seutuhnya, dia berharap adanya sinergi perusahaan yang beroperasi di Pelalawan dengan pemerintah daerah.

Di bidang infrastruktur khususnya jalan, Zukri langsung 'membajak' pihak-pihak perusahaan untuk terlibat ikut membangun. Misalnya untuk Pangkalan Kerinci ia mendesak PT RAPP membangun jalan Langgam-Kota Pangkalan Kerinci sepanjang 7 kilometer, mulai dari lampu merah sampai dengan KM 7.

Begitu juga di Betung, ia meminta PT Arara Abadi, atau PT Musim Mas turun tangan. Jalan Ukui - Kerumutan diminta PT PHE dan PT SLS berkolaborasi menuntaskan jalan di sini. Sementara jalan lintas Bono saat ini statusnya sudah jalan provinsi ia meminta provinsi menuntaskan. Kata dia, Pemda Pelalawan pun siap menggarap jalan lintas Bono yang belum tuntas meskipun ia bersifat fungsional.

Pada kesempatan tersebut diberikan penghargaan CSR terbaik kepada empat perusahaan dan empat penghargaan 4 camat penggerak pembangunan terbaik kabupaten Pelalawan Tahun 2020. *

×
Berita Terbaru Update