Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Gerai Makan Pangkalan Kerinci Lama Dibiarkan, Disulap Jadi Bazar Ramadhan

Senin, 19 April 2021 | 17:29 WIB Last Updated 2021-04-20T10:30:17Z


PELALAWAN, ELITNEWS.COM - Gerai Makan Pangkalan Kerinci (Pangker) yang terletak di jantung ibukota Pelalawan, tepatnya, di Jalan Mahadirija Indra tak terurus paska kebakaran yang terjadi 13 Maret 2014 silam. Bangunan bekas terbakar ini lama dibiarkan tak terurus. Akhirnya pada Sabtu, (17/04/2021) di sulap jadi tempat Bazar Ramadhan 1442 H. Dan yang membukanya calon bupati Pelalawan atau Bupati terpilih Pilksda 2020 H Zukri Misran.



Kebakaran dahsyat Gerai Makan pada waktu tahun 2014 saat itu, hanya menyisakan bangunan tempat berjualan pedagang pada sisi sebelah kanan, setelah sempat diselamatkan oleh tim Damkar. Namun bangunan disisi sebelah kiri, ludes rata dengan tanah. Sementara tiang-tiang penyangga masih terlihat utuh lantaran dibuat dari beton.


Sebelum terbakar, Gerai Makan ini salah satu Pusat Jajanan Serba Ada alias Puja Sera nya Pangkalan Kerinci. Aksesnya, begitu dekat dijangkau dari berbagai penjuru masyarakat Pangkalan Kerinci berpenduduk lebih 100 ribu jiwa ini.


Tidak itu saja, ditengarai keberadaan Gerai Makan sebagai salah satu, sumber mata pencarian masyarakat, khususnya, pedagang Usaha Kecil Menengah (UKM). Diketahui, pencetus Gerai Makan ini adalah mantan bupati Pelalawan Tengku Azmun Ja'afar SH.


Hanya saja, kebakaran hebat melanda Gerai Makan yang meluluh lantakkan, tujuh tahun silam itu. Saat ini Gerai Makan ini disulap jadi Bazar Ramadhan dan  diharapkan menghidupkan denyut nadi Kota Pangkalan Kerinci, kembali. Pasca kebakaran terbiarkan beberapa tahun potensi di biarkan. Selama itu pula Pemkab Pelalawan  tampaknya, tidak berminat merenovasi.


Kini  Bupati terpilih H Zukri Misran melihat Gerai Makan, harus kembali dihidupkan. Hal ini ditandai dengan 'soft opening' diberi nama baru Gerai Lapak Pangker (Pangkalan Kerinci), Sabtu (17/4/2021). Pembukaannya, langsung dilakukan bupati Pelalawan terpilih H. Zukri.


Turut serta saat pembukaan ini, didampingi Wakil Ketua 1 DPRD Pelalawan, H. Syafrizal, SE, Sekkdakab Pelalawan Tengku Mukhlis sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), juga tampak perwakilan pihak perusahaan yang beroperasi di Pelalawan.


Pantauan dilapangan Gerai Lapak Pangker disulap, sebelumnya, hanya tersisa tiang-tiang menjulang kelangit, kini direnovasi. Berbagai ornamen untuk menambah keindahan pemandangan matapun dibuat. Halaman parkir dulu ditumbuhi semak, kini sudah ditata dengan apik.


Sedikitnya, didalam bangunan terdapat 150 lapak tempat para pedagang berjualan, khususnya, menjajakan takjil pembuka puasa, selama bulan suci Ramadhan.


Untuk diketahui, renovasi Gerai Lapak Pangker ini, terbilang singkat. Sementara untuk jangka panjang Gerai Lapak, ini diperuntukan sebagai Pusat Kuliner nya Pangkalan Kerinci. Hal ini salah satu program bupati dan wakil bupati Pelalawan terpilih, H. Zukri - H. Nasarudin.*

×
Berita Terbaru Update