Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Akibat Virus Corona, 21 WNI Lagi Tiba dari Cina Sore Ini

Senin, 10 Februari 2020 | 19:37 WIB Last Updated 2020-02-10T12:37:56Z


ElitNews.com, Jakarta - Duta Besar RI untuk Cina Djauhari Oratmangun mengatakan 21 WNI sudah dipulangkan dari Airport Beijing pada hari ini, Senin, 10 Februari 2020, ke Indonesia menyusul wabah virus Corona.

"Pagi tadi sekitar jam 09.30, kita baru memfasilitasi bersama-sama pemerintah daerah terkait memulangkan 21 orang dari Airport Beijing," kata Djauhari dalam video conference di Gedung Bina Graha, Jakarta, hari ini.

Menurut Djauhari, 21 mahasiswa tersebut akan tiba di Indonesia pada sore ini dengan penerbangan Malaysia Airlines dan beberapa maskapai lainnya.

Mereka bisa dipulangkan karena tidak menetap di Wuhan yang masih diisolasi. Dia menerangkan bahwa satu-satunya kota yang masih tertutup di Cina hanya Wuhan.

Adapun untuk 2-3 kota lainnya Pemerintah Cina menganjurkan self restriction, yaitu meminta warganya mengurangi intensitas berinteraksi di luar apartemen atau perkantoran dan tempat umum.


Dengan adanya kebijakan Cina itu, KBRI di Cina pun menganjurkan WNI yang ingin kembali ke Indonesia bisa melalui negara ketiga. Sejak 5 Februari 2020, akses baik dari dan ke Indonesia, ditutup sementara.

Djauhari juga memastikan penerbangan transit yang dipilih untuk memulangkan 21 WNI tersebut bukan yang mewajibkan karantina.

Meski begitu, Pemerintah Indonesia sebaiknya melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap mereka secara memadai.

"Sehingga bisa diyakini bahwa mereka masuk ke Indonesia dalam kondisi baik dan sehat."
Sumber:Tempo.co
×
Berita Terbaru Update