Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kerahkan KRI Usman Harun dan Halasan, TNI AL Gelar Latihan Bersama Angkatan Laut Tiongkok

Selasa, 11 Mei 2021 | 16:26 WIB Last Updated 2021-05-11T09:26:50Z


Elitnews.com - KRI Usman Harun-359 dan KRI Halasan-630 melaksanakan latihan bersama dengan kapal perang Tiongkok di Laut Jawa, baru-baru ini.


Latihan pada Sabtu lalu dilakukan karena dua kapal perang Tiongkok tersebut melintas dari utara menuju ke selatan melalui Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) dan kedua KRI tersebut melakukan Passing Exercise (Passex) dengan PLANS People Liberation Army Navy Ship) Liuzhou-573 (FFGHM) dan Suqian-504 (FSGHM).

Pangkoarmada I Laksda TNI Abdul Rasyid K. mengatakan, latihan dengan kapal perang Tiongkok ini merupakan kegiatan yang lumrah dilaksanakan oleh angkatan laut di seluruh dunia, apabila ada kapal negara sahabat yang melintas dan telah memperoleh diplomatic clearance.

"Saya berharap latihan ini dapat meningkatkan hubungan persahabatan antara TNI AL dan PLAN serta meningkatkan profesionalisme masing-masing angkatan,” ujarnya.

Panglima juga memastikan bahwa Koarmada I akan tetap menghadirkan unsur KRI dan pesawat udara intai maritim untuk menjaga keamanan laut dan menjamin kedaulatan negara.

Kegiatan yang dilaksanakan selama Passex meliputi: latihan komunikasi berupa isyarat lampu sorot dan komunikasi suara. Tak ketinggalan, latihan SAR dan manuver kapal dalam formasi juga dilaksanakan dalam latihan ini. 

×
Berita Terbaru Update