Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Konvensi Nasional Humas 2021, Resiliensi dan Optimisme Indonesia Tumbuh

Kamis, 16 Desember 2021 | 16:35 WIB Last Updated 2021-12-16T09:35:54Z

 

JAKARTA, ELITNEWS.COM,- Konvensi Nasional Humas (KNH) Indinedia di tahun 2021 dilaksanakan secara virtual mengingat pandemi COVID-19 yang masih melanda saat ini. Tema yang diangkat Semangat Resiliensi dan Optimisme untuk Indonesia Tumbuh.  Kegiatan tahun ini kembali diadakan secara daring pada 15 Desember 2021. 



Kepala Staf Kepresidenan RI, Moeldoko menegaskan Humas harus menggunakan paradigma baru dalam melaksanakan perannya. Momentum Covid-19 menjadi peluang Humas Indonesia untuk menangani krisis dengan peran strategisnya. Humas dituntut untuk dapat beradaptasi dengan kemajuan teknologi yang sangat cepat. Hal ini disampaikan Moeldoko dalam pembukaan perhelatan KNH2021.


Turut serta menyoroti situasi saat ini Ketua Umum PERHUMAS, Agung Laksamana mengatakan Humas di era pandemi COVID-19 diharapkan menjadi agen perubahan yang mampu memberikan edukasi yang memberikan dampak positif bagi masyarakat.


Humas harus bisa beradaptasi dengan cepat serta memahami fungsi strategis humas.


Praktisi Humas bisa turut andil sumbang saran agar terjadi peningkatan kesadaran kolektif masyarakat agar memiliki derap langkah yang sama dalam beraksi baik memutus rantai penularan, menebar optimisme dan memperbaiki citra dan reputasi Indonesia, terangnya.


Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim menyatakan, pentingnya semangat resiliensi dan optimisme di tengah masyarakat. “Humas di era pandemi COVID-19 diharapkan menjadi agen perubahan yang mampu memberikan edukasi yang memberikan dampak positif bagi masyarakat” ujar Nadiem.


Kegiatan yang dihadiri juga oleh Menteri Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif , Sandiaga Uno, menekankan bagaimana kreativitas humas perlu memanfaatkan kemajuan teknologi. “Humas Indonesia harus memanfaatkan transformasi digital secara maksimal, inovatif, dan kolaboratif dengan pemangku kepentingan.


”Pentingnya peran humas dalam menyebarkan semangat resiliensi dan optimisme ini juga disoroti oleh Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki. “semua tantangan dapat dicarikan solusi oleh Praktisi Humas dengan semangat kolaborasi, adaptasi, dan transformasi serta semangat optimisme bahwa kita dapat segera bangkit dan tumbuh. Humas Indonesia melahirkan beragam gagasan kreatif dan inovatif dalam mentransformasi peran aktif Humas sebagai ujung tombak komunikasi menyampaikan pesan-pesan positif kepada masyarakat,”ujar Teten.


KNH2021 mengangkat topik-topik yang menjadi sorotan selama masa pandemi, yaitu Transformasi Digital PR; Inovasi & Solusi Kreatif PR; Payung Hukum, Etika, & Masa Depan PR; Diplomasi PR; Cyber Security dalam sektor PR.


Dihadiri oleh praktisi PR dari pemerintahan, swasta, dan akademisi mendorong partisipan menjadi agen perubahan dalam beradaptasi dengan kebiasaan baru, mengadopsi perubahan-perubahan yang terjadi untuk membangun keahlian dalam menghadapi situasi pandemi saat ini dan ke depannya.


Dalam Rekomendasi Strategis pada tahun ini PERHUMAS menyoroti tantangan yang dihadapi Humas selama masa pandemi, yaitu program komunikasi tentang pentingnya:

Vaksinasi yang harus terus didorong oleh semua pihak (pemerintah, swasta, masyarakat) agar mencapai target. 


Potensi pertumbuhan ekonomi yang dinamis, sesuai dengan menurunnya tingkat prevalensi kasus pandemi. 


Penguatan pada swasta untuk melakukan sustainability communications untuk mendukung pemerintah dalam pengurangan emisi sesuai ketentuan nasional dan internasional. 


Pentingnya peran pimpinan dalam menyusun strategi, mengkomunikasikan kepada publik, serta berinteraksi dengan internal dan pemangku kepentingan dengan menerapkan etik. 


Aspek hukum tidak menjawab dilema dalam permasalahan komunikasi, dan etika harus menjadi kunci dalam pengambilan keputusan oleh praktisi Humas. Praktisi Humas perlu memahami data security dan data privacy serta aspek pengamanan siber.


Tentang PERHUMAS Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (PERHUMAS) adalah organisasi profesi para praktisi Humas dan Komunikasi Indonesia yang didirikan pada tanggal 15 Desember 1972. PERHUMAS secara resmi telah tercatat di Depdagri sebagai organisasi nasional kehumasan di Indonesia dan pada International Public Relations Association IPRA yang berkedudukan di London serta merupakan anggota dari Global Alliance for PR and Communication Managemet. PERHUMAS bertujuan meningkatkan keterampilan profesional, memperluas dan memperdalam pengetahuan, meningkatkan kontak dan pertukaran pengalaman antara anggota serta berhubungan dengan organisasi serumpun di dalam dan luar negeri. ****

×
Berita Terbaru Update