Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Bakti Sosial di Kabupaten Pelalawan, Kapolda Riau: Menggerakkan Ekonomi Kerakyatan dan Mendukung Ketahanan Pangan Masyarakat

Jumat, 15 Mei 2020 | 14:42 WIB Last Updated 2020-05-19T13:06:33Z
PELALAWAN, ELITNEWS.COM - Kapolda Riau Irjend Pol Agung Setia Imam SH SIK MSi melakukan kunjungan kerja perdana di Kabupaten Pelalawan Pangkalan Kerinci, Jumat (15/05/2020).


Kunjungan dalam rangka Bakti Sosial Kapolda Riau Polri Peduli COVID-19 menggerakkan ekonomi kerakyatan dan mendukung ketahanan pangan masyarakat. Kapolda menyalurkan bantuan untuk mengajak manggalakkan pertanian menghadapi kesulitan pasca pandemi COVID-19.

Kunjungan Kapolda di pusatkan di lahan pertanian 13 hektar di Jl Syarif Khassim Km 05 Gardu PLN, Pangkalan Kerinci Barat. Dihadiri Danrem 031WB Kolonel Inf MS Ismed SE MHan, Bupati Pelalawan HM Harris, Dandiim 0313/KPR Letkol Inf Aidil Amin SIP, Kapolres Pelalawan AKBP M Hasyim R. SIK MSi, Kajari Pelalawan Nophy T Suoth, Ketua DPRD Pelalawan Adi Sukemi ST MM, Ketua PN Pelalawan Bambang Setyawan SH MH, Dirut PT RAPP Mulia Nauli, Ketua Ormas MUI, FKUB, FPK, tokoh agama, Kelompok Tani, Masyarakat Penerima bantuan, para perwira Polres Pelalawan dan jajaran.

Bupati Pelalawan HM Harris dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Kapolda Riau, Danrem dan lainnya yang telah menggalakkan Pertanian di saat masyarakat sedang mengalami susah akibat dampak wabah virus carona covid-19. "Terimakasih pak Kapolda, Danrem yang ikut menggalakan pertanian. Karena ditengah kesulitan saat ini, pertanian dapat menyelamatkan ekonomi. Seperti pengalaman saya yang mengalami jatuh bangun di usaha. Ternyata dengan pertanian dapat bangkit kembali. Semoga pertanian ini menjadi contoh dan berkelanjutan di kabupaten Pelalawan," ungkap Harris menceritakan pengalaman inspirasinya.

Dikatakannya dengan di Gerakan pertanian yang di lakukan oleh Polri bekerja sama dengan Pemerintah kabupaten Pelalawan akan dapat kira nya membantu meringankan beban masyarakat yang sedang di landa wabah COVID -19. Apa lagi pada hari ini di mulai Kabupaten Pelalawan diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam memutus mata rantai Penyebaran COVID-19. Dampaknya sangat luar biasa kepada masyarakat.

Kapolda dalam sambutannya menyampaikan situasi dampak COVID -19. Polri serentak melaksanakan bakti sosial dan menggalakkan pertanian. "Saat ini situasi sedang sulit akibat wabah COVID -19. Ditengah kesulitan ini Pertanian harus kita galakkan kembali untuk membangun lumbung -lumbung pangan dan menyerap tenaga kerja. Saya perintahkan kepada Bhabinkamtipmas agar supaya lebih aktif membantu masyarakat yang bersentuhan langsung kepada masyarakat dan tau kondisi masyarakat di desa desa," kata Kapolda.

Dikatakannya terkait COVID -19 dan di Kabupaten Pelalawan di berlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB) Guna untuk Memutus mata rantai penyebaran COVID-19, masyarakat agar dapat memahaminya.

Banyak masyarakat kehilangan pekerjaan dan saya minta supaya program pertanian agar kita tingkatkan dan kiranya dapat berjalan sehingga ada hasilnya yang baik. "Saya akan kembali apa bila tanaman yang ditanam hari ini sudah panen. Saya berharap kepada Kapolres dan Dandim agar dapat kira nya membantu para masyarakat khususnya Kelompok Tani," kata Kapolda yang ikut melaksanakan penanaman jagung di sekitar lokasi acara.

Kapolda Riau didampingi Bupati
Pelalawan, Kapolres Pelalawan dan Manajemen PT RAPP menyerahkan
bantuan sarana Produksi Budidaya
pertanian.

1. Budidaya Timun dan Jagung

Kepada kepada Kelompok Tani Harapan Jaya Kelurahan Pangkalan Kerinci Barat

2. Budidaya Padi kepada Kelompok Tani Berkat Usaha, Kelurahan Pelalawan

3. Budidaya Cabai kepada Kelompok Tani Mulia Tani, Kelurahan

Pangkalan Kerinci Kota

4. Budidaya Cabai kepada Kelompok Tani Persada Kerinci

Sejahtera, Kelurahan Pangkalan Kerinci Timur

5. Penyerahan bantuan Sarana Produksi Budidaya Ikan kepada kelompok perikanan Desa Makmur SP 6

6. Penyerahan budikdamber

kepada masyarakat yang terdampak COVID-19

7. Penyerahan Bantuan Langsung Tunai (BLT) oleh Bupati Pelalawan secara simbolik kepada 12500 KK. (tentative)

8. Penanaman bibit tanaman secara simbolis di sekitar lokasi 13 ha.

9. Pelepasan secara simbolis bibit ikan lele dikolam sekitar lokasi 13 ha.

Kapolda Riau dan rombongan melakukan peninjauan Budikdamber (budi daya ikan dalam ember ) dan peninjauan dan pelepasan bibit Ikan Nila berlokasi di Desa Makmur SP6 Kecamatan Pangkalan Kerinci.

Direktur RAPP, Mulia Nauli mengatakan bantuan tersebut merupakan bagian dari komitmen perusahaan terhadap warga sekitarnya. Pada masa pandemi ini. Menurut Mulia semua pihak harus saling bahu - membahu untuk warga yang membutuhkan. Selain itu, wujud dari dukungan perusahaan terhadap program pemerintah dan membantu meringankan beban masyarakat menjelang Lebaran.

“Kegiatan seperti ini juga termasuk dari salah satu Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG-red) nomor 3, yakni Kesehatan dan Kesejahteraan yang baik. Dengan membantu masyarakat sekitar, kami berharap mereka juga ikut berkembang seiring berkembangnya perusahan,” ujar Mulia.(EP)
×
Berita Terbaru Update