Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Jadi Narasumber Webinar Bappenas RI, Kadispora Paparkan Strategi Kewirausahaan Ditengah Pandemi COVID-19

Jumat, 25 September 2020 | 17:27 WIB Last Updated 2020-09-25T10:27:07Z

PEKANBARU, ELITNEWS.COM - Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Riau H Boby  Rachmat SSTP MSi menjadi salahsatu narasumber tentang kepemudaan dimasa pandemi oleh Bappenas RI, Kamis (24/09/2020).



Dalam Webinar ini Kadispora Provinsi  Riau memaparkan tentang "Gambaran, Capaian, Tantangan, Kendala dan Strategi Penyelenggaraan Kewirausahaan Pemuda di Provinsi Riau Selama Pandemi Covid-19.


Kadispora Riau dalam pemaparannya menyampaikan tentang program yang sudah dilakukan  di Provinsi Riay.Seperti pelatihan kewirausahaan pemuda, pemagangan Wirausaha muda, pameran kewirausahaan pemuda, pembentukan forum kewirausahaan pemuda (FKP) tingkat provinsi dan 12 kabupaten/kota, pembentukan sentra kewirausahaan pemuda (SKP) di 12 kab/kota dan kemitraan (Kemenko PMK dan Kemenpora).


Mantan Kasatpol PP dan Plt kadis PMD Inhu Kabupaten Indragiri Hulu ini juga memaparkan  program yang sedang berjalan di dinas yang dipimpinnya.Yakni tentang,  pelatihan berjenjang, penguatan sentra kewirausahaan pemuda, peluncuran direktori Wira usaha pemuda Provinsi Riau dan fasilitasi wirausaha muda melalui mitra kerja atau dinas terkait.


Namun, kata Boby tantangan dan kendala kewirausahaan pemuda Riau yang dihadapi pihaknya adalah rendahnya minat pemuda dalam berwirausaha, kurangnya pengetahuan dalam membaca peluang usaha, inovasi dan kreativitas yang terbatas, kurangnya akses ke layanan pinjaman modal usaha, mahal dan sulitnya mencari bahan baku serta  persaingan tidak sehat dalam menjalankan bisnis.


Menyikapi itu, Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi  melakukan langkah antisipasi atau strategi dalam kewirausahaan pemuda Riau di masa pandemi  covid -19.Yakni dengan cara pengembangan softskill wirausaha muda melalui sharing bisnis online, melakukan promosi dan kolaborasi dengan mitra, peningkatan strategi bisnis melalui sosial media.


"Dalam upaya mendorong langkah dalam kewirausahaan pemuda yang ada di Riau, pemerintah daerah menggelontorkan bantuan modal seperti pada tahun 2018 tahun lalu, sentra kewirausahaan pemuda " Kampung patin sejahtera" melalui program pemerintah menggelontorkan modal usaha senilai Rp100 juta melalui program bantuan pemerintah wirausaha muda pemula dan sentra kewirausahaan pemuda yang di selenggarakan oleh kementrian pemuda dan olahraga republik Indonesia," sebutnya.


Pada waktu itu, kata Bobi ada sebanyak 10 wirausaha muda pemula (WWP) juga mendapat bantuan modal usaha senilai Rp25 juta melalui program bantuan pemerintah wirausaha muda pemula oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga RI.*

×
Berita Terbaru Update