Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

HUT 21 Kabupaten Pelalawan Bupati Harris Sehat, Aman dan Produktif Mewujudkan Pelalawan Emas

Rabu, 14 Oktober 2020 | 12:03 WIB Last Updated 2020-10-17T05:06:49Z


PELALAWAN, ELITNEWS.COM - Bupati Pelalawan HM Harris dalam pidato sambutannya dirapat Paripurna DPRD HUT ke 21 Tahun Kabupaten Pelalawan yang digelar di aula lantai 2 Gedung DPRD Kabupaten Pelalawan, Senin (12/10/2020) membahas isu penting dan prestasi Kabupaten Pelalawan dibawah kepemimpinannya. 



Diawal pidatonya, Bupati Harris menyebutkan bahwa pentingnya penerapan protokol kesehatan di tengah pandemi covid - 19. "Adaptasi kebiasaan baru dengan tetap menjalankan protokol kesehatan secara ketat. Di masa pandemi, aktifitas ekomomi dan produktifitas kerja harus terus ditingkatkan. Masyarakat harus sehat dan produktif, " paparnya.  


Dikatakannya, Kabupaten Pelalawan pada 9 Desember 2020 mendatang akan menggelar pesta demokrasi Pilkada serentak, bersama dengan 270 daerah se - Indonesia.  


"Partisipasi pemilih yang tinggi berlandaskan bebas berkeadilan harus betul - betul berjalan. Pilkada harus berjalan lancar dan aman dengan tetap saling menjaga kondisi yang kondusif di Kabupaten Pelalawan," ucapnya. 


Bupati Harris juga menyebutkan bahwa HUT Kabupaten Pelalawan ke - 21 mengambil tema " Sehat, Aman dan Produktif Mewujudkan Pelalawan Emas".


Bupati HM Harris mengharapkan, "Masyarakat harus sehat di masa pandemi covid -19. Pilkada harus berjalan aman dan masyarakat harus produktif meningkatkan pertumbuhan ekonomi, " .


Dikatakannya,  laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Pelalawan sepanjang tahun terus mengalami peningkatan. Pada tahun 2016 berada di  2,96 persen,  2017 menjadi 4,06 persen,  2018  bertambah 3,77 persen dan 2019 meningkat 3,91 persen.  


" Pertumbuhan ekonomi Pelalawan diatas rata - rata di Propinsi dan terus mengalami peningkatan, " ucapnya.  


Ditambahkan Bupati, Pemerintah Daerah Kabupaten Pelalawan Propinsi Riau berhasil mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Riau untuk ke - 8 kalinya secara berturut-turut. Sejak tahun 2011 ia sudah bekerja keras untuk mendapatkan opini WTP yang pertama kali. Bahkan, sampai membuat pelatihan khusus kepada instansi yang ada.


" Alhamdulillah, hingga saat ini kita bisa mempertahankan WTP. Mudah-mudahan dapat dilanjutkan dengan Bupati Pelalawan yang baru ". terang Bupati Harris. 


Bupati juga mengklaim tingkat kemiskinan dan pengangguran turun drastis dengan membeberkan angka persentase yang ada. Sejumlah prestasi di tingkat nasional juga dibeberkan dari berbagai sektor terutama yang terangkum dalam 7 program strategis Kabupaten Pelalawan. 


Visi pembangunan Kabupaten Pelalawan Tahun 2016 - 2021 yakni Inovasi Menuju Pelalawan Emas  Ekonomi Mandiri Aman dan Sejahtera. Adapun makna dari visi tersebut adalah pembangunan yang didorong upaya, gerakan dan prakarsa inovatif menuju Kabupaten Pelalawan yang mandiri dalam ekonomi, aman dan sejahtera dalam kehidupan sosial kemasyarakatan.Mandiri dalam ekonomi berarti memiliki komitmen dan konsistensi yang tinggi untuk memberdayakan kemampuan dan sumberdaya Daerah.

Sedangkan misi pembangunan Kabupaten Pelalawan tahun 2016 - 2021 sebagai berikut :

Pertama, Meningkatkan kualitas sumber daya manusia unggul, beriman bertaqwa dan berbudaya melayu. Dua, Meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dan lingkungan. Tiga, Meningkatkan penguatan sistem Inovasi untuk mendukung perekonomian daerah yang kuat dan berdaya saing tinggi. Empat, Meningkatkan pembangunan infrastruktur. Lima, Meningkatkan kinerja birokrasi dan otonomi desa. Enam, Meningkatkan investasi dan pengelolaan sumberdaya unggulan daerah berbasis kerakyatan dan partisipasi masyarakat yang berkelanjutan. Dan Tujuh, Menciptakan ketertiban dan keamanan.

Bupati HM Harris terus menekankan agar seluruh Satuan Kerja (Satker) bisa mendukung program Pemerintah yang lebih baik terutama melanjutkan 7 program strategis yang telah dilakukan sebelumnya. " Kita butuh team work yang mau bekerja guna mencapai tujuan.Tentunya RPJMD yang di buat berorientasi dengan program Pusat," sebutnya.

Melalui visi pembangunan Inovasi Menuju Pelalawan Emas yang menjadi arah kebijakan Pemkab Pelalawan tahun 2016 - 2021 dengan tetap meneruskan 7 program starategis yang lahir dari semangat pembaharuan menuju kemandirian.

7 Program strategis tersebut ; Pertama Pelalawan Sehat, masyarakat harus sehat dan pelayanan kesehatan yang baik. Terwujud Puskesmas Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan meraih prestasi akreditasi UTAMA atau bintang empat satu satunya di Provinsi Riau.

Kedua Pelalawan Cerdas untuk meningkatkan IPM dan Peningkatan Sumber daya manusia. Sampai ke membangun kampus perguruan tinggi dikabupaten Pelalawan. AKNP dan ST2P merintis perguruan tinggi yang mencetak SDM berkualitas dan sangat dibutuhkan. Ketiga Pelalawan Terang, meningkatkan elektrifikasi dan membangun PLTMG.

Keempat  Pelalawan Lancar dan PPIDK, pembangunan infrastruktur perhubungan serta desa kelurahan. Kelima Pelalawan Makmur, membangun pertanian , perkebunan untuk ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat.

Keenam Pelalawan Eksotis, Pembangunan kawasan wisata serta promosi daerah . Gelombang bono dari hal yang menakutkan menjadi potensi wisata. Dan menjadi icon wisata Riau. Ketujuh Pelalawan Inovatif, membangun berbagai inovasi sesuatu potensi daerah.  *

×
Berita Terbaru Update