Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Diduga IMB Diperuntukkan untuk Jasa Ruko Sebanyak 15 Unit Akan di Sulap Menjadi Rumah Sakit

Sabtu, 12 Desember 2020 | 16:06 WIB Last Updated 2020-12-12T09:06:49Z

 BATAM - Proyek pembangunan gedung lima lantai yang bediri tegak di Perumahan Aviari Griya Pratama persisnya di depan Rumah Sakit Aini Kecamatan Batu Aji, Kota Batam diduga tidak sesuai dengan data IMB yang dikeluarkan oleh DPMPTSP Kota Batam. 



Seperti diketahui, proyek tersebut sebelumnya diperuntukkan untuk jasa Ruko sebanyak 15 unit dengan menggunakan IMB nomor 762/PIMB-BPMPTSP/XI/2016 tiga lantai dalam hal ini PT Aviari Pratama sebagai pemohon.


Sebelumnya, Kabid Perizinan DPMPTSP Kota Batam, Muhammad Teddy Nuh menegaskan bahwa sesuai dengan data IMB nomor 762/PIMB-BPMPTSP/XI/2016, gedung tersebut memiliki fisik 3 lantai.


Namun seiring berjalannya waktu usai proyek pembangunan Ruko 3 lantai itu rampung, usut punya usut bangunan Ruko itu disulap menjadi bangunan lima lantai.


Sementara itu, terkait dengan bangunan yang disulap menjadi lima lantai itu, Kasih IMB DPMPTSP kota Batam, Icha Cahaya mengatakan bahwa pihak pemohon IMB sebelumnya belum memperbaharui IMB untuk bangunan tersebut. "Belum ada diperbarui dan itu menyalahi," kata Icha saat dikonfirmasi, Jumat (11/12/2020).


Bahkan kata Icha, sebelumnya pihaknya sudah menyurati namun tidak ditindaklanjuti, " DPMPTSP sudah menyurati tapi tidak ditindaklanjuti," ucap Icha.


Menurutnya, hal itu harus dari Dinas CKTR yang melakukan pengawasan yang punya wewenang untuk melakukan pembongkaran apabila menyalahi.


"Namun dibalik itu, bisa jadi mereka sedang mengurus perubahan peruntukan di BP Batam yang membutuhkan waktu lama dan izin lingkungnnya. Namun harus ditindaklanjuti oleh dinas CKTR untuk menghentikan sampai izin lainnya keluar sebelum melanjutkan IMB nya," jelas Icha.


Terpisah, Ketua RW 018 Kelurahan Buliang, Kecamatan Batu Aji, Masrizal menyebut bangunan lima lantai itu bakal dijadikan gedung Rumah Sakit AINI. 


"Info yang saya dengar-dengar, Gedung itu akan disulap menjadi Rumah Sakit yang sebelumnya adalah Bangunan Ruko setahu saya," kata Masrizal.


"Melihat fisik bangunan yang sudah direnovasi menjadi lima lantai itu terlihat seperti membuat Gedung Rumah Sakit. Tidak mungkinlah bentuk Ruko seperti itu," tambahnya.


Hingga berita ini diterbitkan, awak media masih berupaya mengkonfirmasi pihak manajemen PT Aviari Pratama dan Pihak Menajemen Rumah Sakit Aini guna dimintai keterangan lebih lanjut.


Redaksi

×
Berita Terbaru Update