Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Azmi Syahputra Dosen Fakultas Hukum Universitas Trisakti Pancasila Harus Bersarang Dalam Batin Seluruh Insan Nusantara

Rabu, 01 Juni 2022 | 14:29 WIB Last Updated 2022-06-01T07:29:39Z

 


JAKARTA, ELITNEWS.COM,- Pancasila harus jadi Auto Regulator yang bersarang, tertanam dalam hati diri setiap manusia Indonesia. Momentum Hari Pancasila 1 Juni 2022, harus menempatkan Pancasila  jadi Auto Regulator yang tertanam dalam diri setiap manusia Indonesia. 



Hari Pancasila ini harus terus menjadi semangat penguat persatuan bangsa dan percaya mempercayai guna memperkokoh dalam memaknai proses jalan sejarah bangsa Indonesia.


Pancasila merupakan berkah yang harus dijaga dan dirawat oleh bangsa Indonesia. Pancasila digali pendiri bangsa ini agar jadi jiwa hasrat  bagi semua orang, bukan satu golongan namun semua buat semua yang dipersembahkan kepada generasi penerus.


"Karena Pancasila merupakan dasar bangsa, asas yang tepat  yang digali dari nilai nilai yang memang sudah ada guna perekat bangsa,  pemersatu bangsa yang diatasnya didirikan bangsa Indonesia yang merdeka,".


Azmi menyatakan Indonesia yang berkarakteristik nusantara yang memiliki ribuan pulau sekitar 17.504 pulau, 714 suku, 1100 bahasa daerah, beragam agama, budaya dan kini memiliki penduduk lebih dari 250 juta. 


Perbedaan ini dipersatukan dengan Pancasila dan sikap pendirian ini tidak boleh goyang, tidak boleh tumpul dan mati rasa, atas apa yang sudah dibangun bersusah payah oleh pendiri bangsa, mestinya ini harus menjadi benteng kekuatan,modal sosial sekaligus sumber energi besar sebuah bangsa.


Sehingga jika ditelusuri sejarah penggalian Pancasila adalah hasil dari sebuah konsensus nasional dari kristalisasi pikir pendiri bangsa pada waktu itu guna menjawab apa yang menjadi dasar negara. Maka digalilah dan melalui perenungan yang panjang ditemukan Pancasila.


"Inilah yang digali lebih dalam oleh Bung Karno melalui sila-sila yang diuraikan dalam pidatonya tanpa teks pada 1 Juni 1945. Untuk mewujudkan sebuah negeri yang dicitakan citakan, negeri yang merdeka, aman, maju sejahtera, bermartabat dan berketuhanan," ujar Azmi.


Dosen Fakultas Hukum Universitas Trisakti ini menambahkan oleh karenanya dalam era kekinian, segenap diri anak bangsa terkhusus generasi muda untuk diperhatikan, jadi syarat mutlak ,dicamkan benar- benar dengan kembali menilik sejarah dan meletakkan Pancasila sebagai Philosophische grondslag sekaligus auto regulator karena di atas kelima sila inilah bangsa Indonesia didirikan.


"Pancasila itu harus mengalir dalam denyut nadi setiap diri  menjelma jadi ideologi, jati diri serta batu uji indikator dalam prilaku manusia Indonesia, ini akan menjadi solid dan utuh


Sehingga apapun peristiwa dan fenomena kekinian yang terjadi jika didekatkan dengan pancasila pasti segala permasalahan dapat selesai dan tujuan bangsa akan terwujud.*****

×
Berita Terbaru Update